Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gerak Solid Semua Pengusung, Seluruh Masyarakat Sumbar Mampu Terima Ganjar Pranowo

Oleh : Arka Bhadrika Wahyatma )*

Gerak solid yang dilakukan oleh semua pengusung, mulai dari para Partai Politik (Parpol) pengusung hingga termasuk para relawan di berbagai daerah yang berasal dari banyak elemen masyarakat menjadikan seluruh masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) mampu menerima dengan sangat baik sosok Ganjar Pranowo.

Pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang sudah di depan mata, tentunya seluruh kandidat sangat membutuhkan dukungan penuh dan bagaimana gerak solid dari seluruh pihak yang mengusungnya, mulai dari Parpol pengusung hingga seluruh relawan pendukungnya.

Karena tidak akan mungkin kandidat tersebut mendapatkan perolehan suara yang besar apabila dirinya tidak mendapatkan dukungan yang kuat dan mantap dari para pihak secara total. Terlebih dalam kontestasi politik di Indonesia, yang mana hasil suara memang sangat menentukan bagaimana hasil akhir dari kontestasi tersebut.

Kemudian untuk bisa mendapatkan dukungan yang terus meluas dari seluruh kalangan elemen masyarakat hingga sampai di pelosok negeri, tergantung pula dari bagaimana penerimaan masyarakat terhadap sosok kandidat pemimpin yang hendak berkontestasi dalam Pilpres mendatang.

Adanya dukungan yang terus meluas dan juga bagaimana penerimaan masyarakat tersebut juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari seperti apa sosok atau figur, rekam jejak dan pengalaman hingga kualitasnya. Jika dirinya dinilai kredibel untuk bisa memimpin bangsa ini, secara otomatis masyarakat sendiri juga akan memberikan dukungan penuh kepadanya, dan dukungan tersebut juga akan terus meluas hingga ke banyak daerah lainnya.

Hal tersebut sangat terlihat jelas ada pada Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ganjar Pranowo. Sosoknya mampu diterima dengan sangat luas hingga oleh seluruh kalangan elemen masyarakat di Tanah Air, mulai dari para pemuda hingga para tokoh agama.

Tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dari bagaimana gaya kepemimpinannya selama ini dan juga seperti apa pola komunikasi yang mampu berhasil dilakukannya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dari seluruh kalangan. Maka menjadi tidak heran, basis masyarakat yang tradisional, religius hingga mereka yang nasionalis pun seluruhnya meletakkan harapan besar kepada pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut.

Mengenai hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto manyatakan bahwa Ganjar Pranowo telah diterima dengan sangat luas di berbagai daerah seperti Provinsi Jawa Barat (Jabar), Banten hingga di Sumbar.

Keberhasilan penerimaan masyarakat yang terus meluas untuk pemimpin berusia 54 tahun tersebut lantaran gerak solid dan kompak yang telah dilakukan oleh berbagai tim pendukungnya yang turun langsung ke masyarakat bahkan hingga ke akar rumput sesuai dengan arahan Ketua Umum (Ketum) mereka, Megawati Soekarnoputri.

Respon dari seluruh masyarakat kepada sosok Ganjar Pranowo juga sangat penuh akan antusiasme dan semangat yang begitu besar, yang mana menunjukkan bahwa memang sosoknya bukan hanya mampu untuk memimpin, namun merupakan sosok pemimpin yang sangat merakyat atau dekat dengan rakyatnya hingga seluruh elemen.

Optimisme juga sangat besar terlihat lantaran figur pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut banyak diterima oleh segenap elemen masyarakat hingga sampai ke Sumbar. Sehingga memang tidak bisa dipungkiri akan bagaimana pentingnya melakukan sosialisasi hingga ke seluruh daerah.

Karena dengan adanya sosialisasi yang terus gencar dilakukan oleh seluruh pihak pendukung, maka akan membuat masyarakat di Indonesia pun menjadi jauh lebih mengenal seperti apa sosok Ganjar Pranowo dan mereka mampu memahami berbagai program yang ditawarkan olehnya demi peningkatan kesejahteraan mereka.

Soliditas yang dimiliki oleh seluruh pihak pendukung dan pengusung Kader dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut, sebagaimana hasil risel yang dilakukan oleh lembaga Saiful Mudjani Research and Consulting (SMRC) diungkapkan oleh Direktur Riset mereka, Deni Irvan bahwa memang pendukung dari Ganjar merupakan pendukung yang paling solid jika dibandingkan dengan kandidat lainnya yang bertarung dalam Pilpres 2024 mendatang.

Data dari hasil survei SMRC pada periode tanggal 31 Juli hingga 11 Agustus 2023 menunjukkan bahwa memang dari sisi soliditas dukungan, terlihat sekali perbedaan yang cukup jauh, yang mana dukungan tersebut diraih oleh Ganjar Pranowo dengan relatif lebih stabil di angka 72% (persen).

Sebagai informasi, survei SMRC tersebut melibatkan hingga sebanyak 4.260 responden yang dipilih secara acak dengan margin of error hanya sekitar 1,65% (persen) pada tingkat kepercayaan mencapai 95% (persen).

Sehingga tidak mengherankan pula mengapa seluruh masyarakat hingga di beberapa daerah seperti Provinsi Sumatera Barat mampu menerima dengan sangat baik sosok Ganjar Pranowo. Hal tersebut lantaran memang bagaimana gerak solid yang dilakukan oleh seluruh pendukungnya.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)